-->

Berapakah Nilai Normal Asam Urat Menurut WHO? Ini Penjelasannya...

Berapakah Nilai Normal Asam Urat Menurut WHO? Ini Penjelasannya...

Setelah membaca artikel ini Anda akan mengetahui apa itu asam urat, berapa nilai normal asam urat menurut WHO, penyebab dan bagaimana cara mencegahnya?.

Sebelum membahas nilai normal asam urat, ada informasi penting yang harus Anda ketahui tentang asam urat.

Saat mendengar kata "asam urat", sebagian besar orang akan langsung membayangkan suatu penyakit atau keadaan tubuh yang tidak normal.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga berfikir demikian? Untuk mengetahui kebenarannya, silakan lanjut baca.

Apa itu Asam Urat?

Asam urat bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu zat yang diproduksi tubuh secara alami dengan cara memecah senyawa organik yang disebut purin.

Purin adalah senyawa yang terkandung dalam berbagai jenis makanan penyebab asam urat seperti, ikan asin, hati, biar, anggur, jeroan, dan lain sebagainya.

Masalahnya, jika Anda terus-menerus mengonsumsi makanan yang mengandung purin, kadar Asam urat dalam tubuh Anda akan meningkat. Akibatnya, timbulan berbagai penyakit seperti bati ginjal dan radang sendi.

Apakah Anda termasuk orang yang hobi mengkonsumsi jenis makanan enak yang telah disebutkan diatas?

Jika Anda mengidap penyakit asam urat, sebaiknya mulai berfikir dua kali untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan tersbut. Atau keadaan Anda akan semakin buruk, dikarenakan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Sebenarnya Anda tidak perlu sepenuhnya menghindari jenis-jenis makanan tersebut, Anda hanya perlu mengurangi porsinya. Jika masih dalam taraf wajar, silakan saja.


Nilai Asam Urat Normal Menurut WHO

Asam urat dalam tubuh sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya, akan tetapi jika kadarnya berlebih dapat menjadi penyebab berbagai peyakit seperti  batu ginjal dan radang sendi.

Olah karena itu, penting sekali untuk mengetahui informasi tentang kadar / nilai normal asam urat dalam tubuh.

Nilai atau kadar normal asam urat dalam tubuh menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), diantaranya sebagai berikut.



Keterangan:
  • Pada pria dewasa nilai normal asam urat adalah 2 – 7,5 mg/dL. 
  • Pada wanita dewasa  2 – 6,5 mg/dL. 
  • Pada lansia di atas 40 tahun, normalnya 2-8,5 mg/dL. 
  • Pada wanita lansia di atas 40 tahun, 2-8 mg/dL. 
  • Pada anak laki-laki usia 10-18 tahun nilai normal asam urat adalah 3,6-5,5 mg/dL. 
  • Pada anak perempuan 3,6 dan 4 mg/dL.


(Bersumber dari: Nilai Normal Asam Urat Pada Pria dan Wanita - Mediskus).



Bagaimana Cara Mengetahui Kadar Asam Urat dalam Tubuh?

Untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh, Anda perlu melakukan pemeriksaan darah. Jika hasilnya, kadar asam urat dalam tubuh Anda melebihi batas normal dapat dikatakan, kadar asam urat Anda berlebih.

Dalam kondisi ini, disarankan untuk lebih memperhatikan pola makan  Anda. Sebaiknya kurangi atau bahkan hindari jenis-jenis makanan pantangan asam urat seperti, jeroan, ikan asin, seafood dsb.


Bagaimana Jika Kadar Asam Urat di Bawah Batas Nilai Normal?

Jika kadar asam urat dalam tubuh berada dibawah nilai normal? Jangan khawatir, dalam kondisi ini Anda tidak perlu melakukan tindak lanjut apapun.


Penyebab Asam Urat Tinggi

Peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Adanya peningkatan produksi purin dalam tubuh atau terdapat gangguan pada pembuangan.

Dua per tiga (2/3) dari kelebihan asam urat akan dibuang melalui ginjal. Sedangkan sepertiga (1/3)nya akan dibuang melalui tinja.

Jika kadar asam urat dalam tubuh Anda berlebih, ada kemungkinan terdapat gangguan pada salah satu atau kedua saluran pembuangan tersebut.

2. Pola makan yang buruk, seperti terlalu banyak mengonsumsi makan tinggi purin. (tabel makanan yang mengandung purin dapat Anda lihat pada artikel selanjutnya).

3. Penggunaan beberapa jenis obat seperti, kafein, aspirin, phenothiazides, atau teofillin yang juga dapatmemicu peningkatan produksi asam urat dalam tubuh.


Demikian informasi mengenai nilai normal asam urat pada pria dan wanita. Untuk mengetahui cara tradisional menyembuhkan asam urat, silakan baca artikel selanjutnya tentang obat asam urat alami dari tumbuhan lengkap dengan cara membuatnya.

Jika Anda peduli, silakan bagikan informasi penting ini. Karena dengan begitu, akan lebih banyak lagi orang yang terbantu.


sumber referensi :
https://mediskus.com/penyakit/nilai-normal-asam-urat

loading...

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments