-->

Tips Cara Mengatasi Alergi Kosmetik

Tips Cara Mengatasi Alergi Kosmetik

Tips cara mengatasi alergi kosmetik – Alergi kosmetik? Mungkin ada beberapa dari kamu masih belum familiar dengan masalah kulit yang satu ini. Jadi apa itu alergi kosmetik? Yuk kita cari tau jawabannya!

Setelah kamu membaca artikel ini sampai habis, kamu akan tahu apa itu alergi kosmetik, penyebab, dan bagaimana cara mengatasinya.

Bagi kaum wanita, kosmetik merupakan sesuatu yang sangat penting. Kemanapun mereka pergi, dapat dipastikan selalu ada benda ini di dalam tasnya. Seperti bedak, lipstik dan masih banyak lagi.

Kosmetik memiliki harga yang bervariasi, ada yang terjangkau sampai ada yang harus merogoh kantong saku dalam – dalam. Tapi ini bukanlah masalah, asal bisa kelihatan cantik, semua siap dikorbankan.

Penggunaan kosmetik, disamping dapat menambah kecantikan, ternyata juga dapat memicu masalah kulit, salah satunya alergi kosmetik.

Perlu kamu ketahui, tidak semua jenis kometik cocok untuk jenis kulit kamu. Untuk itu, sebelum menggunakannya, alangkah baiknya kamu mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit. Ini dilakukan agar kamu mendapat perawatan yang tepat dan sesuai.


Penyebab Alergi Kosmetik

Ada penyakit, pasti ada penyebabnya dong. Begitupun dengan alergi kosmetik. Selektif dalam memilih alat kosmetik itu sangat penting.

Hati-hati memilih alat kosmetik, karena bukan rahasia lagi jika banyak sekali ditemukan alat kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti mercuri dsb.

Untuk itu, saya tegaskan sekali lagi, sebelum memilih, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter spesialis. Lalu bagaimana gejala yang timbul jika seseorang mengalami alergi kosmetik?


Gejala Alergi Kosmetik

Gejala dari alergi kosmetik ini biasanya ditandai oleh adanya reaksi abnormal dari tubuh jika ada kontak tubuh dengan kosmetik tersebut.

Reaksi – reaksi ini biasanya berupa gatal – gatal, kulit menjadi kemerahan dan seidikit menonjol (bengkak). Pada pemakaian pertama biasanya tidak terlihat gejala dari alergi kosmetik ini, tapi pada pemakaian selanjutnya akan terlihat.

Reaksi dari tubuh terhadap zat alegran ini juga bisa bersifat langsung dan tak langsung. Misal anda menggunakan parfum, reaksi langsungnya adalah berupa gatal – gatal dikulit.

Bisa jadi reaksi tersebut baru akan muncul beberapa hari setelah pemakaian, inilah yang disebut dengan reaksi tak langsung.

Hingga saat ini, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan alergi kosmetik. Obat yang dipakai untuk menyembuhkan alergi saat ini sebenarnya hanya obat untuk menyembuhkan reaksi yang ditimbulkan, bukan menyembuhkan alerginya.

Misal, reaksi yang ditimbulkan dari pemakaian kosmetik adalah gatal – gatal, dan anda menggunakan obat gatal – gatal untuk menyembuhkannya. Namun, kabar baik juga datang untuk anda, para masyarakat tradisional biasa menggunakan jinten hitam untuk mengatasi alergi ini.

Jinten hitam dipilih karena jinten hitam ini dapat mereduksi histamine. Dimana histamin inilah yang menyebabkan reaksi abnormal jika tubuh kontak dengan kosmetik.

Tak hanya jinten hitam, tanaman lain seperti mahkota dewa, sambiloto, dan rumput mutiara juga dipercaya dapat mengobati alergi anda. Bagaimana cara menggunakannya? Silakan simak penjelasan berikut ini.

Cara mengatasi alergi kosmetik

Lantas bagaimana cara mengatasi alergi kosmetik ini. berikut adalah tips – tips untuk mengatasi alergi kosemtik :
  1. Hindari pengggunaan kosmetik yang menyebabkan anda alergi.
  2. Baca terlebih dahulu bahan pembuatan kosmetik sebelum anda memakainya. Jika diantara bahan tersebut anda menemukan bahan yang menyebabkan anda alergi, ada baiknya jika anda menghindari penggunaannya.
  3. Gunakan kosmetik dengan label hypoallergenic.
  4. Hypoallergenic adalah produk kosmetik yang ramah terhadap kulit. Telah dilakukan percobaan pada hypoallergenic ini pada beberapa orang yang alergi terhadap kosmetik. Hasilnya menunjukkan sedikit dari mereka yang alergi pada hypoallergenic. Namun, tidak tertutup kemungkinan juga jika anda alergi pada saat menggunakan hypoallergenic ini.
  5. Jika dalam waktu 3 hari, alergi anda tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.


Nah, itulah tips cara mengatasi alergi kosmetik yang dapat anda coba. Semoga dengan informasi diatas, anda lebih berhati – hati lagi dalam menggunakan kosmetik. Sekian dari saya, dan semoga ini bermanfaat bagi anda.
loading...

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments