5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Wajah dengan Cepat dan Alami

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Wajah dengan Cepat dan Alami

Cara menghilangkan jerawat batu - Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat paling sulit dihilangkan. Selain ukurannya yang lebih besar dari jerawat biasa, jerawat ini juga menimbulkan rasa sakit.

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat batu? Ok nanti akan kita bahas. Tapi sebelum itu, yuk kita cari tahu info terkait apa itu jerawat batu dan apa saja faktor penyebabnya.

Apa itu Jerawat Batu?

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang mempunyai ukuran lebih besar dari jerawat biasa ataupun komedo, warnanya hitam, dapat menimbulkan peradangan yang lumayan parah, dan sulit untuk disembuhkan.

Walaupun sudah sembuh, biasanya jerawat model ini akan meninggalkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan bahkan dapat dikatakan permanen.

Selain dapat muncul dibagian wajah, jerawat batu juga bisa muncul dibagian tubuh lainnya seperti di hidung, wajah, dagu, punggung dan di dada.

Sekarang kita sudah tahu apa itu jerawat batu. Kita lanjut ke bahasan selanjutnya, yaitu mengenai penyebab jerawat batu.

Orang jaman dulu sering bilang, untuk menyembuhkan suatu penyakit, kita harus tahu penyebabnya dulu. Begitupun dengan jerawat batu.

Untuk dapat menyembuhkannya, kita pun harus mengetahui apa penyebab dari jerawat batu. Sekarang mari kita cari tahu dulu apa saja hal yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat batu diwajah.

Penyebab Jerawat Batu

Seperti yang sudah dikatakan diatas, bahawa untuk dapat mengobati jerawat batu, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja hal yang dapat menjadi penyebab jerawat batu.

Berdasarkan artikel yang mimin baca di situs wikipedia dan www.cocokosmetik.com, dapat diketahui bahwa penyebab jerawat batu adalah sebagai berikut :

1. Faktor Genetik
Jerawat batu dapat disebabkan oleh faktor genetik (keturunan). Maksudnya gimana min? jadi gini, misalnya ayah atau ibu kamu ada yang terkena jerawat batu, nah, besar kemungkinan kamu juga akan terkena jerawat tersebut.

Jadi jika sekarang kamu punya jerawat batu diwajah, kamu bisa tanyakan dulu ke ayah / ibu, apakah mereka pernah mempunyai jerawat batu diwajah?

Jika jawabannya ya, berarti besar kemungkinan penyebab jerawat batu kamu itu adalah karena faktor genetik atau keturunan.

2. Bakteri
Pada kulit kita terdapat suatu bakteri yang dikenal dengan sebutan bakteri P.Acne. Bakteri tersebut biasanya berkembang pada kelenjar sebaceous yang tersumbat dan hal tersebut menghasilkan zat-zat yang dapat membuat kulit mengalami iritasi.

Sehingga kelenjar tersebut akan terus membengkak bahkan pecah, yang pada akhirnya akan menyebarkan peradangan pada bagian permukaan kulit lainnya.

3. Sel Kulit Mati
Peningkatan sel kulit mati yang bercampur dengan kotoran, debu, bakteri dan minyak akan menyebab penyumbatan pada pori-pori kulit yang akhirnya dapat menjadi pemicu munculnya jerawat batu.

4. Alergi
Jerawat batu kadang juga bisa disebabkan oleh alergi pada suatu makanan. Misal anda alerdi dengan telur, seafood dsb.

Jika penyebab jerawat diwajah anda karena alersi, makan langkah tepat untuk mengatasinya yaitu menghindari konsumsi makanan tersebut. Jika belum bisa, minimal anda kurangi.

5. Sinar Ultra Violet
Sinar matahai mengandung sinar ultra violet yang bersifat anti bakteri. Namun paparan sinar ultra violet yang langsung mengenai kulit dalam waktu yang cukup lama, ternyata juga bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, yang salah satunya adalah menyebabkan timbulnya jerawat batu.

6. Tipe atau kualitas kulit
Jerawat batu biasanya menyerang seseorang yang memiliki jenis kulit yang memiliki minyak berlebih.

Karena pada saat kulit memproduksi minyal berlebih, minyak tersebut akan mudah bercampur dengan bakteri, kotoran, debu yang bisa menyumbat pori-pori kulit.

7. Kebiasaan Buruk
Jerawat juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk anda, seperti malah mejaga kebersihan wajah dsb. Untuk itu, anda wajib baca artikel sebelumnya tentang "17 Kebiasaan buruk penyebab jerawat".


Cara Alami Mengobati Jerawat Batu

Walaupun dikatakan sulit untuk disembuhkan, tapi bukan berarti tidak bisa dobati. Jerawat, batu bisa diobati dengan beberapa resep pengobatan tradisional berikut ini :


a. Langakah 1 - Membersihkan Kulit Wajah

Sebelum mencoba resep untu menghilangkan jerawat batu, penting sekali untuk anda membersihkan terlebih dahulu bagian tubuh yang akan kita obati, misal jerawat batunya ada diwajah :
Sebelum mencuci wajah, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun hingga benar-benar bersih
Kemudian cuci muka dengan menggunakan air hangat
Lalu keringkan dengan kain / handuk bersih (jangan terlalu kering)

b. Langkah 2 - Resep untuk Mengatasi Jerawat Batu

Berikut ini ada beberapa resep tradisional yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan jerawat :

1. Buah Tomat
Anda dapat menggunakan buah tomat untuk obat jerawat, karena dalam tomat terkandung vitamin C, A, dan B1, kalsium, zat besi, dan belerang yang ampuh untuk mencegah peradangan dan mengempiskan jerawat, caranya :
  • sediakan 1 buah tomat matang
  • belah tomat tersebut menjadi 2 bagian
  • gunakan 1 belah tomat untuk wajah / pipi sebelah kiri dan 1 bagian lagi untuk pipi kanan
  • gosokan dengan halus & pelan pada bagian wajah yang berjerawat hingga merata
  • tunggu sekitar 15 - 20 menit atau hingga tomat tersebut mengering
  • basuh dengan air dingin


2. Putih Telur
Mengatasi jerawat batu bisa dilakukan dengan menggunakan putih telur. Dalam dunia kecantikan putih telur ini sangat terkenal sebagai masker pencerah wajah.

Untuk menghilangkan jerawat dengan putih telur, lakukan langkah berikut ini :
  • Sediakan 1 butir telur
  • Pisahkan kuning telur dengan putih telur
  • oleskan putih telur pada bagian kulit wajah yang berjerawat
  • Tunggu hingga mengering atau sekitar -+ 20-30 menit
  • Setelah putih telur mengering, basuhlah dengan air dingin


3. Air Perasan Jeruk Nipis, Madu dan Kunyit
Manfaat madu dan kunyit memang banayak, dan salah satunya adalah bisa kita gunakan untuk menghilangkan jerawat batu, caranya mudah :
  • Cuci bersih kunyit dengan air
  • kemudian haluskan, bisa di ulek, diparut ataupun di blender
  • Campurkan kunyit yang sudah dihaluskan tadi dengan madu dan air jeruk nipis
  • Aduk hingga merata
  • Oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat hingga merata
  • Tunggu sekitar 15-20 menit
  • Basuh dengan air dingin


4. Kentang
Dalam kentang terkandung suatu zat yang bernama "alkali" yang dapat bermanfaat untuk membersihkan kelenjar minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Bagaiamana caranya?
  • Ambil 1 buah kentang
  • cuci hingga benar-benar bersih
  • haluskan kentang tersebur (diparut ataupun diblender)
  • oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat
  • diamkan sekitar 20 -30 menit
  • bersihkan dengan air dingin


5. Pasta Baking Soda
Baking soda dapat menyembuhkan dan mencegah jerawat agar tidak berkembang lebih banyak. Caranya adalah sebagai berikut :
  • sediakan baking soda secukupnya
  • campurkan backing soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta yang aga kental
  • oleskan pada daerah kulit yang berjerawat
  • Diamkan selama 15 menit
  • Basuh dengan air dingin
  • Anda juga dapat mencampur baking soda dengan garam laut.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara diatas secara rutin. Cara diatas aman dilakukan selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, cara ini juga bisa membuat kulit semakin cerah.

Kemudian yang harus diperhatikan adalah kebersihan bahan dan alat yang digunakan. Pastikan alat dan bahan yang anda gunakan sudah dibersihkan.

Demikain tips untuk menghilangkan jerawat batu di wajah dengan resep tradisional. Walaupun singkat, semoga apa yang saya tulis kali ini, dapat bermanfaat. Terimakasih



sumber :
1. Definisi dan Penyebab Jerawat :
http://id.wikipedia.org/wiki/Jerawat
http://www.cocokosmetik.com/penyebab-serta-cara-menghilangkan-jerawat-batu/
2. Cara Mengatasi Jerawat Batu :
http://perawatankesehatanwajah.blogspot.com/2013/09/menghilangkan-jerawat-batu-dengan-cepat.html


You Might Also Like:

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments