-->

Mengenal apa itu Jerawat dan Jenis-jenisnya

Mengenal apa itu Jerawat dan Jenis-jenisnya

Jerawat, siapapun pasti pernah mempunyai jerawat, entah itu di wajah, punggung, ataupun dibagian tubuh lainnya. Gangguan kulit ini, paling rawan dialami oleh remaja yang sedang mengalami masa pubertas, karena pada saat itu produksi kelenjar minyak meningkat secara signifikan. Tapi sebenarnya jika kita pandai menjaga kebersihan tubuh, kita pasti akan terhindar dari resiko terjadinya jerawat.

Dalam artikel ini, saya akan berbagi informasi mengenai apa itu jerawat dan beberapa jenis jerawat. Tanpa basa-basi, yuk kita simak penjelasan berikut ini :

Apa itu jerawat?


jerawat adalah suatu kondisisi dimana telah terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit yang pada akhirnya menyebabkan timbulan kantung-kantung nanah, sehingga terjadilah pembengkakan pada permukaan kulit. Pembengkakan itulah yang kemudian kita sebut jerawat. Bentuk jerawat dapat kita lihat pada gambar dibawah ini :

Definisi jerawat dan jenis-jenis jerawat yang biasa menyerang kulit




Tapi tanpa saya kasih gambar pun, sahabat pasti sudah tahu seperti apa bentuk jerawat. Oh iya, berdasarkan artikel yang saya baca di situs wikipedia, ternyata jerawat mempunyai beberapa tipe. Apa sajakah itu? yuk kita lanjut baca!

Jenis-jenis Jerawat

Berikut ini adalah beberapa jenis jerawat yang biasanya muncul di permukaan kulit kita :

1. Komedo

Bicara soal komedo, sahabat pasti sering mendengar istilah tersebut. Tapi, apa itu komedo? komedo sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu, komedo terbuka dan komedo tertutup. Komedo terbuka memiliki bentuk seperti pori-pori besar berwarna hitam. Sedangkan komedo tertutup biasanya memilik bentuk seperti tonjolan kulit berwarna putih. Komedo jenis ini terlihat seperti kulit yang tumbuh diatas pori-pori, hal tersebut dikarenakan telah terjadi penyumbatan pada pori-pori akibat produksi kelenjar minyak berlebih bercampur dengan sel-sel kulit mati. Baca juga : 7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

2. Jerawat Biasa


Jerawat biasa, sangat mudah untuk dikenali. Jerawat jenis ini berbentuk tonjolan kecil berwarna kemerahan. Jerawat jenis ini muncul karena bakteri "propionibacterium acne" yang menyumbat pori-pori kulit. Bakteri jenis ini, merupakan jenis bakter yang dapat bertahan hidup tanpa keberadaan oksigen. Bakteri ini juga memiliki karakter dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Jerawat Batu

Cystic acne atau jerawat batu merupakan jerawat yang mempunya ukuran lebih besar daripada jenis jerawat lainnya. Jerawat ini juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Jerawat ini disebabkan oleh kelenjar minyak berlebih yang membanjiri pori-pori kulit. Kemudian hal tersebut juga dipengaruhi oleh pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak bisa beregenerasi secara normal seperti kulit pada umumnya. Walaupun sudah sembuh, jerwat ini bisa meninggalkan bekas luka. Orang-orang biasa menyebutnya, noda hitam bekas jerawat. Baca juga : 5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat dan Alami

Pada point tidak dijelaskan jerawat batu juga dipengaruhi oleh kondisi kulit yang tidak dapat beregenerasi secara optimal. Perlu sahabat ketahui, kulit tidak bisa beregenerasi secara normal biasanya disebabkan oleh ketidak pandaian kita dalam menjaga kebersihan kulit, misalnya : pada saat anda lupa membersihkan bekas pemakaian kosmetik sehingga terbawa tidur dan menyebabkan terhambatnya proses regenerasi kulit. Karena pada saat kita tidur di malam hari, sesungguhnya kulit akan melakukan regenerasi untuk melakukan perbaikan sel-sel kulit yang rusak. Maka dari itu, sekedar tips, rajin-rajinlah menjaga kebersihkan kulit minimal 3 kali sehari.

Nah, itulah paparan mengenai apa itu jerawat dan jenis-jenisnya. Semoga apa yang saya tulis kali ini dapat bermanfaat bagi anda. :)

Apakah anda punya pengalaman seputar jerawat? atau punya solusi tepat untuk mengatasi jerawat? jangan sungkan, silahkan bagikan cerita anda di kolom komentar ya, inshaalloh bermanfaat! :)


sumber :
  • Pengertian dan Jenis-jenis jerawat : http://id.wikipedia.org/wiki/Jerawat
  • image by : www.tipskecantikanku.com

loading...

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments