-->

9 Penyebab Rambut Rusak, Kering dan Bercabang

9 Penyebab Rambut Rusak, Kering dan Bercabang

Mengetahui penyebab rambut rusak, kering, dan bercabang itu sangat penting. Dengan mengetahui hal ini, minimal kamu akan mengetahui hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan agar rambut Anda tetap sehat.

Rambut adalah salah satu aset penting yang dimiliki oleh manusia, baik pria maupun wanita. Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang sehat walaupun terkadang, semua itu sulit didapat apalagi bagi mereka yang memang kurang pandai dalam merawat rambut.

Agar rambut tetap sehat kita harus melakukan perawatan rambut secara teratur. Namun, perlu diingat juga, merawat rambut juga tidak boleh berlebihan, karena justru malah akan menyebabkan rambut rusak.

Kerusakan pada rambut sendiri ada beberapa jenisnya seperti, rambut kering dan mengembang, rambut bercabang, rambut rontok, rambut berketombe dan masih ada lagi yang lainnya. Untuk dapat mengatasi kerusakan pada rambut, langkah awal yang harus kita lakukan adalah mencari tahu penyebabnya.

Karena dengan mencaritahu penyebabnya, kita akan dapat dengan mudah mencari solusinya. Mengapa rambut bisa rusak? yuk kita lanjut baca untuk mengetahui apa saja penyebab rambut rusak.


Penyebab Rambut Kering dan Mengembang

Pernah gak sista berfikir, kenapa rambut kita bisa rusak? Mungkin jarang ya, karena kebanyakan orang kalau rambutnya rusak, biasanya mereka langsung beli shampo rambut atau pergi ke salon untuk melakukan perawatan tanpa memikirkan apa penyebabnya.

Ok lah cukup basa-basinya, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut rusak :

1. Menyisir rambut saat rambut masih basah

Salah satu penyebab rambut rusak adalah kesalahan pada saat menyisir rambut. Untuk mencegahnya, sebaiknya kamu keringkan rambut terlebih dahulu, setelah rambut kering barulah disisir.


2. Kesalahan pada saat mengeringkan rambur

Sebelumnya mimin juga sering banget nih ngelakuin kesalahan ini. Setiap kali selesai mandi, biasanya mimin langsung mengosok rambut dengan handuk.

Padahal, menurut artikel yang mimin baca di situs femina.co.id, justru hal itu tidak baik, karena dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan pada rambut.

Nih, mimin kasih tau tipsnya, yang harus kita lakukan pada saat mengeringkan rambut bukanlah mengosoknya dengan handuk, tapi cukup tekan-tekan rambut menggunkan handung dengan lembut.


3. Terlalu sering terkena sinar matahari

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sinar matahari dapat merusak kulit, bahkan pada kasus terburuk dapat menjadi penyebab kanker kulit.

Namun tak hanya itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Tips untuk mencegahnya, sebaiknya kamu menggunakan produk kesetan rambut yang dapat melindungi rambut dari bahaya sinar matahari.


4. Kesalahan Penggunaan Hairdryer

Penggunaan hairdryer bersuhu panas bisa menyababkan kerusakan pada rambut karena dapat mengurangi kelembaban rambut.

Akibatnya rambut menjadi kering dan mudah rusak. Untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan hairdryer dengan suhu rendah.


5. Kesalahan memilih shampo rambut

Karena tipe rambut setiap orang itu berbeda, memilih produk shampo yang tepat dan cocok bagi rambut adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan rambut sehat.

Caranya kamu harus mencari tau dulu, apakah rambut kamu termasuk kedalam jenis rambut kering atau berminyak. Setelah itu, barulah kamu mencari produk yang cocok untuk jenis rambut kamu.

Oh iya, satu lagi, usahakan jangan memilih produk shampo yang banyak busanya, kenapa? karena sampo yangmengandung banyak busa itu mengandung banyak detergen yang dapat merusak pigmen rambut. Sehingga rambut menjadi kering dan kusam.


6. Mengucir rambut

Bagi sebagian orang, mengucir rambut itu mengasyikan, karena dapat membuat rambut menjadi cantik. Namun mengucir rambut juga dapat mendatangkan masalah, seperti rambut patah dan rontok.

Sebaiknya kamu jangan terlalu sering mengucir rambur. Apalagi jika mengucir rambut dalam keadaan rambut basah.


7. Menggunakan pewarna rambut

Bagi sebagian orang, menggunakan produk pewarna rambut memang dapat membuat rambut menjadi lebih indah. Namun taukah anda, beberapa jenis produk pewarna rambut mengandung zat kimia yang justru dapat menyebabkan rambut rusak.


8. Jarang olahraga dan jarang minum air putih

Jarang berolahraga dan jarang minum air putih dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat, begitupun rambut. Untuk itu, sesibuk apapun anda, jangan pernah melupakan olahraga dan minum air putih, agar tubuh dan rambut anda tetap sehat.


9.Kurang Asupan Nutrisi

Kerusakan pada rambut juga dapat terjadi karena kurangnya asupan nutrisi yang baik untuk rambut. Untuk itu, penuhilah kebutuhan vitamin untuk rambut. Jenis vitamin yang baik untuk rambut misalnya, vitamin A, B kompleks, asam polat, vitamin E, dsb.


Nah, itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kerusakan pada rambut. Untuk mengatasi rambut yang rusak, kamu bisa menggunakan masker rambut alami. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat masker rambut alami, kamu bisa baca artikel sebelumnya tentang : resep masker rambut alami.


Sumber :
  • http://www.femina.co.id/cantik/rambut/5.kesalahan.penyebab.rambut.rusak/002/003/66
  • http://forum.kompas.com/fashion-beauty/107552-7-cara-kenali-penyebab-rambut-rusak-dan-kering.html



loading...

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments