Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat

Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat

Cara mengobati mata bintitan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengobati sakit mata pada umumnya. Karena penyebabnya sama yaitu, karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Mungkin sebelumnya anda pernah bahkan sering mendengar mitos yang mengatakan bahwa mata bintitan itu penyebabnya adalah sering ngitip orang mandi, dsb.

Yap, saya pun sering mendengarnya, bahkan sudah dipercaya dikalangan masyarakat secara turun temurun. Namun benarkah mata bintitan disebabkan karena sering ngintip? untuk mengetahui jawabannya, yuk kita lanjut baca!

Apa itu mata bintitan?

Mata bintitan adalah bisul kecil atau pun besar yang terletak di kelopak mata. Dalam bahasa kedokteran sakit mata bintitan ini dikenal dengan nama hordeolum yaitu suatu infkesi atau peradangan pada bagian kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus.

Gejala mata bintitan

Gejala sakit mata bintitan ini biasanya ditadai dengan adanya benjolan berwarna kemerahan diarea kelopak mata baik diatas mautup dibawah dan biasanya disertai dengan bintik berwarna putih atau kuning dibagian tengahnya. Semakin lama benjolan ini akan semakin membesar /membengkak dan menyebabkan mata cepat mengeluarkan cairan, rasa gatal, dan susah berkedip bagi penderitanya.


Jenis Mata Bintitan

Berdasarkan dimana letak terjadinya, mata bintitan dibagi menjadi dua bagian yaitu, mata bintitan interna dan mata bintitan eksterna, berikut penjelasannya :
  1. Mata bintitan interna : jenis mata bintitan ini terjadi pada bagian kelenjar meibom, dan mengarah pada selaput kelopak mata bagaian dalam.
  2. Mata bintitan eksterna : terjadi pada kelenjar zeis dan moll dimana bejolan mengarah pada bagian luar kelopak mata

Penyebab mata bintitan

Mata bintitan dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya kebersihakn di daerah sekitar mata kebersihannya tidak terjaga, karena debu dan kotoran, terlalu sering mengucek mata dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mencegah mata bintitan? ingin tau bagaimana caranya? kalau gitu, yuk kita lanjut baca!

Cara Mencegah Mata Bintitan

Sebelum anda terjangkit mata bintitan, alngkah baiknya anda melakukan langkah pencegahan. Pepatah mengatakan, mencegah lebih baik daripada mengobati, betul?

Nah, untuk itu, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah mata bintitan, berikut diantaranya :
  1. Jalani pola hidup sehat
  2. Hindari menggosok mata dengan tangan
  3. Perhatikan tanggal kadaluwarsa suatu produk kosmetik yang anda gunakan dan bersihkan sisa make-up dari wajah hingga benar-benar bersih
  4. Jaga kebersihkan mata / area sekitar mata anda
  5. Istrahat yang cukup, mata yang lelah biasanya lebih mudah terkena penyakit ini.
  6. Perhatikan kebersihan tempat tidur anda, seperti bantal dsb. Karena saat anda tidur, biasanya permukaan wajah anda kadang menempel di bantal, sehingga jika bantal yang anda gunakan tidak bersih, bukan tidak mungkin, mata anda akan terinfeksi bakter dan jadilah bintitan
  7. Hindari lingkungan yang berdebu dan kotor.


Nah, itulah beberapa langkah pencegahan yang dapat anda lakukan. Lalu bagaimana jika mata anda sudah terlanjur bintitan? Gampang, ini nih, tips ampuh untuk mengatasi mata bintitan yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Alami Mengobati Mata Bintitan secara Alami

Tadi kita sudah mebahas apa itu bintitan, jenis-jenis bintitan, gejala dan penyebabnya. Nah, sekarang saya akan berbagi tips untuk mengobati mata bintitan, yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Silahkan simak penjelasan berikut ini :

1. Mengompres mata dengan Air Hangat
Cara yang paling mudah untuk menyembuhkan mata bintitan adalah dengan cara mengompresnya dengan air hangat. Cara ini efektif untuk mengurangi rasa gatal dan mengempeskan bengkak saat mata anda bintitan.

Cara mengompres mata dengan air hangat :
  • Siapkan kain bertekstur lembut / handuk bersih
  • rendam handuk tersebut dalam air panas
  • bersihkan area kulit disekitar mata dan kompres mata anda dengan handuk tadi selama 5-10 menit
  • Lakukan cara ini dengan rutin agar hasilnya maksimal

2. Bawang Putih
Selain dengan cara dikompres dengan air hangat, anda juga dapat menyembuhkan mata bintitan dengan bawang putih. Karena bawang putih mengandung senyawa anti bakteri, yang diyakini juga dapat membasmi bakteri penyebab mata bintitan.

Cara mengobati mata bintitan dengan bawang putih :
  • Bersihkan mata anda dengan air hangat
  • siapkan satu siung bawang putih
  • haluskan bawang putih tersebut dengan blender, parut atau ditumbuk
  • kemudian oleskan bawang yang sudah dihaluskan tersebut pada daerah kelopak mata yang bintitan


3. Menghilangkan bintitan pada mata dengan daun sirih
Tips selanjutnya untuk mengobati mata bintitan adalah dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih ini sudah terbukti dapat mengobati berbagai jenis sakit mata, termasuk untuk mata bintitan ini.

Cara mengobati mata bintitan dengan daun sirih :
  • Sediakan 1-3 lembar daun sirih
  • rebus daun sirih tersebut dengan 1-2 gelas air dan tunggu hingga mendidih
  • peras air rebusan daun sirih tersebur dengan saringan teh
  • gunakan untuk membersihkan area mata yang sakit / bintitan
  • atau bisa juga dijadikan obat tetes, namun akan terasa sangat pedih.

Obat Mata Bintitan Lainnya

1. Gunakan Obat Tetes Mata
Jika anda sudah melakukan cara-cara yang ada diatas dan mata anda masih belum juga sembuh, anda bisa mencoba menggunakan obat tetes mata (walaupun jujur saya kurang menganjurkan cara ini).

Gunakan obat tetes mata maksimal 2 - 3 kali saja. Karena penggunaan obat tetes yang berlebihan justru malah akan membuat keadaan mata anda semakin buruk.

2. Gunakan salep anti biotik
Cara lain untuk mengobati mata bintitan adalah dengan menggunakan salep steroid atau salep anti biotik. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran infeksi oleh bakteri.

Caranya, bersihkan dulu bagian kelopak mata anda dengan air hangat, setelah itu baru diolesi dengan salep. Namun jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa salep tersebut sebelum digunakan.

Contoh salep yang bisa anda gunakan : Ciprofloxacin (Quinox, Baquinor), Amoxicillin (Amoxsan, Kalmoxicilin, Farmoxyl).

3. Jangan menekan / memencet hordeolum
Menekan atau memencet benjolan tersebut apalagi sampai mengeluarkan nanah, dapat memperburuk infeksi mata anda.

Maka dari itu, hindari memencet mata bintit tersebut. Kalaupun terpaksa harus menyentuh bintitan tersebut, usahakan cuci tangan anda terlebih dahulu.

Itulah artikel tentang cara mengobati mata bintitan dengan cepat yang mudah-mudahan dapat memberikan manfaat khususnya bagi anda yang membaca.

Jika tidak keberatan, silahkan share info ini ke facebook, twitter ataupun googleplus ya, agar orang lain juga ikut terbantu. Terimaksih :)

You Might Also Like:

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments