Ketahui Jenis, Tipe dan Cara Merawat Rambut yang Tepat!

Ketahui Jenis, Tipe dan Cara Merawat Rambut yang Tepat!

Halo sis, kali ini mimin mau nulis artikel lanjutan dari artikel yang kemarin. Itu tuh yang tentang penyebab rambut rusak. Dalam artikel tersebut mimin sudah kupas tuntas apa saja hal yang menjadi penyebab rambut rusak, kering dan bercabang. Nah, dalam artikel ini mimin mau share info tentang rambut lagi, yaitu mengenai bagaimana cara mengetahui jenis rambut.

Ketahui jenis rambut dan bagaimana cara melakukan perawatan rambut berdasarkan jenis rambut


Sis pernah gak, melakukan perawatan rambut dengan menghabiskan biaya besar namun hasilnya tetap nihil? Kalau gitu kita senasib ya hihi, dulu mimin juga pernah ngalamin. Beli produk ini itu, hingga banyak ngeluarin uang, tapi apa yang didapat? ya betul sekali, rambut mimin malah rusak. Akhirnya mimin kecewa, dan menyalahkan produk yang mimin pake, mimin nyesel banget pokonya pake ntu produk.

Namun beberapa hari setelah itu, mimin coba deh googling di google (bukan di bing), buat nyari info seputar cara merawat rambut, dan ternyata usaha mimin pun membuahkan hasil. Mimin nemuin artikel tentang "cara mengetahui jenis rambut dan memilih perawatan yang tepat bagi rambut". Dalam artikel tersebut, dikatakan bahwa dalam merawat rambut kita nggak boleh asal-asalan, mengapa? Karena tipe rambut setiap orang itu berbeda-beda, jadi perawatannya pun berbeda. Nah, dari situlah mimin sadar, ternyata yang salah itu bukan produk yang mimin pake, tapi mimin yang salah, karena saat itu mimin langsung pake tanpa mencari tahu terlebih dahulu cocok nggaknya produk tersebut untuk jenis rambut mimin. 

Nah, sejak saat itu, mimin jadi lebih selektif dalam membeli produk ataupun melakukan perawatan rambut. Itulah yang melatarbelakangi penulisan artikel ini, karena mimin rasa sista juga wajib mengetahui info ini. Cukup curcolnya, yuk kita simak penjelasan mengenai cara mengetahui jenis rambut berikut ini :

Cara Mengetahui Jenis Rambut

Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, bahwa mengetahui tipe rambut itu penting. Lalu, bagaimana sih cara mengenali jenis rambut kita? berikut langkah-langkahnya :


  1. Pertama, kamu cuci rambut dengan shampo
  2. Ambil tisu dan lakukan tekanan pada bagian tengah, belang, samping kepala
  3. Jika terdapat minyak dalam tisu tadi, berarti rambut kamu termasuk kedalam jenis rambut berminya, namun jika sebalinya, berarti rambut kamu termasuk rambut kering.
Selain dengan melakukan cara diatas, ada pula teori yang dipercaya banyak ahli, berikut penjelasannya :
  • Pada umumnya, rambut normal dimiliki oleh orang-orang berkulit putih
  • Orang berkulit hitam, biasanya memliki jenis rambut keriting
  • Namun, jika kamu mempunyai kepala berminyak, tapi rambut kering, maka rambut kamu tergolong kedalam jenis rambut kombinasi
sumber : http://cara-kamu.blogspot.com/2014/01/cara-mengetahui-jenis-tipe-dan-cara.html

Menentukan Perawatan yang Tepat Bagi Rambut

Setelah mengetahui jenis rambut, slanjutnya kita akan membahas bagaiaman sih cara memilih perawatan yang tepat bagi rambut? berikut penjelasannya :

1. Rambut Normal

Jenis rambut ini, biasanya dimiliki oleh orang yang berkulit putih dan terbilang jenis rambut yang cara perawatannya tidak terlalu sulit. Karena produksi minyak normal (tidak kurang ataupun berlebih), jadi keadaan rambutpun akan normal dan terusai dengan indah. Namun walaupun begitu, bukan berarti terbebas dari ancaman rambut rusak, maka dari itu, melakukan perawatan rutin dan teratur tetap harus dilakukan agar rambut kamu tetap sehat.

Cara merawat rambut normal (normal hair) :
  • hindari penggunaan cat rambut / mewarnai dan pengkritingan rambut 
  • lakukan keramas 2 hari sekali
  • gunakan conditioner rambut seperlunya
  • gunakan daily shampo yang mengandung Ph seimbang

2. Rambut Kering

Jenis rambut seperti ini biasanya akan sulit diatur / disisir, gampang kusut dan rapuh sehingga rambut mudah sekali rontok. Bagaimana cara merawat rambut kering? silahkan simak dan lakukan langkah-langkah berikut ini :

Cara merawat rambut kering (dry hair):

  • Gunakan produk shampo yang mengandung minyak almond, minyak zaitun atau madu, karena bahan-bahan alami tersebut mengandung nutrisi penting yang dapat melembabkan rambut.
  • Jika kamu mengalami kesulitan dalam mendapatkan produk shampo tersebut, kamu bisa bikin shampo sendiri dengan menggunakan bahan yang telah disebutkan. Caranya, campurkan 2 sendok makan minya zaitun dengan madu. Agar lebih maksimal, bisa juga dicampur dengan minyak almond
  • Gunakan juga conditioner setelah keramas
  • hindari cat rambut

3. Rambut Berminyak

Pada dasarnya, dalam keadaan normal minyak bermanfaat bagi rambut yaitu untuk menjaga kelembaban rambut  agar rambut tidak kering dan rusak. Namun jika kada minyak terlalu banyak, itu juga tidak baik. Jenis rambut berminyak disebabkan oleh kelenjar minyak yang terlalu aktif sehingga debu dan kotoran mudah menempel dan membuat rambut rusak. 

Cara merawat rambut berminyak :
  • Bersihkan rambut setiap hari menggunakan shampo yang mengandung asam seperti ekstrak lemon, karena kandungan tersebut dapat mengurangi minyak berlebih sehingga rambut tidak mudah lepek.
  • Saat keramas, biarkan selama 3-5 menit, setelah itu barulah dibilas
  • Gunakan penyegar rambut, atau yang biasa disebut toner
  • Keringkan dengan handuk (wajib handuk yang benar-benar kering dan bersih)
  • Hindari penggunaan conditioner dibagian akar rambut, gunakan conditioner di bagian tengah dan ujung rambut saja
  • Hindari terlalu sering menyisir rambut, untuk mengurangi penyebaran minyak
  • Lakukan pijatan pada kepala dan rambut dengan menggunakan 1 cangkir jus lemon, setelah itu bersihkan dengan air hangat
  • Hindari konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak, dan perbanyak makan sayuran
  • Hindari penggunaan hairdryer dengan suhu panas

4. Rambut Kombinasi

Rambut kombinasi adalah terdapat banyak minyak di bagian kulit kepala, namun pada ujung rambutnya kering dan patah. Untuk merawat jenis rambut ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantanya adalah sebagai berikut :

Cara merawat rambut kombinasi :
  • Hindari penggunaan shampo khusus untuk rambut berminyak
  • Gunakan sedikit shampo hanya untuk bagian kulit kepala sambil melakukan pijatan ringan
  • Untuk bagian rambut sebaiknya gunakan kondisioner 
  • Bilas rambut sampai benar-benar bersih

5. Rambut berketombe

Untuk merawat jenis rambut ini, sebaiknya gunakan jenis shampo rambut yang memiliki kandungan mentol. Karena bahan tersebut dapat mencegah dan meminimalisir pertumbuhan jamur dan menstabilkan Ph kulit.

Oh iya, mungkin masih ada teman yang masih belum tahu mengenai apa itu "pH". pH adalah derajat /tingkat keasaman yang digunakan untuk menyatakan keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan.

Mengenal Tipe Rambut Pria dan Wanita

Berikut ini adalah beberapa tipikal rambut pria dan wanita yang harus kamu ketahui :

  1. Rambut halus
  2. Rambut Keriting
  3. Rambut Kasar
  4. Rambut Lurus
  5. Rambut kriting
  6. Rambut ikal


Ingin tau gimana cara bikin masker rambut alami dirumah dengan mudah plus murah meriah? silahkan baca artikel sebelumnya tentang : 11 Resep untuk membuat Masker Rambut!


Demikian info tentang jenis, tipe dan cara merawat rambut yang tepat, walaupun cukup singkat, tapi mudah-mudahan dapat bermanfaat. Pada kesempatan selanjutnya, mimin akan bagi-bagi tips seputar perawatan rambut lainnya. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini ya sis. Makasih :)



sumber : http://www.gadis.co.id/gaya/cantik/shampo.sesuai.jenis.rambut/001/001/552


Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments