17 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami Cepat dan Mudah

17 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami Cepat dan Mudah

Cara Memutihkan Kulit Wajah - Memutihkan kulit wajah secara alami adalah cara memutihkan kulit wajah dengan menggunakan bahan alami seperti buah-buahan, sayuran, ataupun tanaman herbal (Tradisional).

Selain lebih murah, menggunakan bahan-bahan alami sebagai pemutih wajah juga lebih aman, jika dibandingkan dengan menggunakan produk kecantikan yang belum pasti cocok tidaknya dengan jenis dan kondisi kulit kita.

Bahkan kita tidak tahu dari bahan apa produk kosmetik tersebut dibuat. Apalagi jika produk kecantikan yang kita pakai itu adalah produk ilegal. Belakangan ini, marak sekali ditemukan produk kosmetik ilegal yang telah beredar dipasaran.

Dengan diiming-imingi harga yang relatif murah dan dijanjikan efek pemutihan yang cepat, tak sedikit orang yang terpengaruh untuk membeli dan memakainya, tanpa memikirkan bagaiamana akibatnya.

Walaupun tidak semua berbahaya, tapi kita tetap harus lebih selektif dalam memilih produk kecantikan.


Penyebab Kulit Hitam dan Kusam

Secara umum, kulit wajah tidak putih bisa disebabkan oleh 2 hal, yaitu :

1. Faktor Genetik
Faktor genetik yaitu faktor keturunan. Dengan kata lain, jenis kulit yang diturunkan oleh keluarga kita sendiri.

Misalnya keluarga kita mempunyai kulit putih, besar kemungkinan kita juga berkulit putih. Jika penyebabnya adalah karena faktor genetik, maka akan sedikit sulit.

Karena memang sudah dari sananya alias bawaan sejak lahir (maaf mimin tidak bermaksud rasis, karena semua orang itu sama).

Meskipun begitu, bukan berarti kita harus berputus asa. Selama masih bisa, kita harus tetap mencoba. Ganbate...!

2. Pola hidup dan pola makan
Penyebab yang kedua yaitu karena pola hidup dan pola makan kita yang tidak teratur. Pola hidup yang tidak teratur misalnya, jorok, jarang cuci muka apalagi mandi, sering begadang dsb.

Sedangkan pola makan yang tidak teratur misalnya, terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak dsb.

Sekarang, coba tanya diri kita masing-masing. Kira-kira, manakah penyebab kulit kita kurang putih? Apakah karena faktor keturunan? Ataukah karena pola hidup dan pola makan kita yang tidak teratur?

Jika penyebabnya karena pola hidup dan pola makan yang tidak teratur, kita hanya perlu membiasakan diri untuk menjalani pola hidup yang lebih teratur.

Jika sebelumnya jarang mandi, mulai sekarang cobalah untuk lebih rajin. Jika sebelumnya sering tidur laur malam, mulai sekarang cobalah untuk tidur dibawah jam 9 malam.

Mengapa harus menggunakan cara alami?

Untuk itu, sebaiknya kita menggunakan cara yang alami dalam memutihkan kulit. Walaupun efeknya tidak secepat produk kecantikan yang harganya selangit, setidaknya lebih aman dari efek samping.

Cocok digunakan oleh semua orang, baik deawasa, remaja atau anak-anak sekalipun. Selain itu, bahan yang dibutuhkan dapat dengan mudah kita temui disekitar kita.

Melakukan perawatan kulit minimal dilakukan 2 kali dalam sehari, di pagi dan malam hari sebelum kita tidur. Salah satu caranya yaitu dengan rajin menjaga kebersihan kulit.

Membasuh kulit muka di pagi hari dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat dan kencang. Sedangkan perawatan kulit wajah pada malam hari bermanfaat untuk membersihkan kulit dari kotoran, debu, sisa make-up dan bakteri.

Dimana jika dibiarkan dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit, yang akhirnya dapat menghambat proses regenerasi kulit. Akibatnya kulit menjadi kusam dan rusak.

Tips memutihkan kulit dengan Menjalani Pola Hidup Sehat

Memiliki kulit wajah yang putih cerah dan bersinar merupakan impian bagi hampir setiap orang, terutama untuk kaum perempuan. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang putih, diantaranya :

1. Jalani pola hidup dan pola makan yang sehat
Salah satu penyebab mengapa kulit hitam dan kusam adalah karena pola hidup kita sendiri yang kurang teratur. Mandi tidak teratur, makan tidak teratur, tidur tidak teratur dsb.

Jika ingin memiliki kulit putih dan sehat, mulai sekarang belajarlah untuk menjalani pola hidup dan pola makan yang sehat dan teratur


2. Cukupi kebutuhan mineral dalam tubuh
Kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Untuk itu, kita harus mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh kita.

Caranya dengan banyak mengkonsumsi air putih, minimal 8 gelas per hari. Walaupun terlihat sepele, memperbanyak minum air putih akan memberikan segudang manfaat untuk tubuh kita. Seperti yang telah mimin jelaskan dalam artikel 9 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan.


3. Menjaga Kebersihan Kulit Secara Teratur
Kulit anda kering dan kusam? Hal tersebut, bisa saja terjadi karena kita kurang pandai menjaga kebersihan kulit.

Selepas beraktivitas sepanjang hari, minyak, debu, kotoran dan bakteri akan bercampur dan menempel pada permukaan kulit. Sehingga jika dibiarkan, akan menyumbat pori-pori kulit dan membengkak (menjadi jerawat).

Maka dari itu, mulai dari sekarang kita harus belajar membiasakan diri untuk lebih rajin dalam menjaga kebersihan kulit secara teratur terutama di pagi dan malam hari.


4. Hindari Asap Rokok
Asap rokok dapat membuat kulit menjadi rusak dan mempercepat proses pengkriputan. Jika anda seorang perokok, usahakan untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok.

Karena selain dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, rokok juga dapat memicu penyakit berat lainnya.


5. Hindari Stress
Apa hubungannya stres dengan kulit wajah? Eits, jangan salah stress juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, salah satunya yaitu menimbulkan jerawat.

Untuk itu, usahakan agar kita terhindar dari yang namanya stress. Cara yaitu dengan tidak menunda-nunda pekerjaan, luangkan waktu untuk sekedar refreshing. Untuk tips lainnya kamu bisa cek artikel tentang cara mengatasi stress.


Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Mudah

Setelah kita belajar membiasakan diri untuk menjalani pola hidup yang sehat. Cara lainnya yaitu kita juga bisa mencoba cara tradisional untuk memutihkan wajah dengan menggunakan bahan alami seperti buah-buahan, sayuran dan tanaman herbal.


6. Cara memutihkan kulit wajah dengan tomat
Kandungan vitamin C dan air dalam buah tomat dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Selain itu tomat juga dapat menjaga kulit agar terhindar dari berbagai jenis kerusakan.

Misalnya munculnya jerawat, kulit kusam dan kering. Karena tomat juga mampu mengcilkan pori-pori kulit. Sehingga kulit terlihat lebih halus.

Caranya :
  • Sediakan 1 buah tomat matang
  • Cuci dengan air hingga bersih
  • Belahlah buah tomat tersebut menjadi 2 bagian
  • Gosokan dengan pelan pada area kulit wajah anda
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Bersihkan dengan air dingin.


7. Cara memutihkan kulit wajah dengan jeruk nipis
Hampir sama dengan tomat, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk kecantikan.

Vitamin C dapat menjaga kulit dari radikal bebas serta bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga kulit terlihat lebih putih, halus dan kencang.

Dalam penggunaannya, biasanya jeruk nipis diiris atau dibelah menjadi dua bagian, kemudian dioleskan pada area kulit.

Namun, sifat asam yang terkandung dalam jeruk nipis, terkadang dapat menyebabkan iritasi. Untuk itu kita perlu mencobanya pada sebagian kecil area kulit terlebih dahulu.

Jika tidak terjadi iritasi, berarti kita boleh meneruskannya. Tapi, jika terjadi iritasi, kita dapat mencampurkannya dengan bahan lain seperti madu.

Cara pemakaian :
  • Sediakan 1 - 2 buah jeruk nipis
  • Cuci dengan air
  • iris menjadi beberapa bagian
  • gosokan dengan pelan pada pemukaan kulit wajah anda
  • diamkan selama 30 menit
  • bersihkan dengan air hangat
  • lalu bilas kembali dengan air dingin


8. Cara alami memutihkan kulit wajah dengan buah alpukat
Buah alpukat mengandung vitamin A yang dapat bermanfaat untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Sedangkan asam amino glutamin, dapat melindungi kulit dari polusi, sinar matahari dan efek buruk lingkungan lainnya. Jadi, buah alpukat ini bisa digunakan sebagai pelembab kulit.

Caranya :
  • Bersihan wajah dengan air hangat
  • oleskan daging buah alpukat pada kulit wajah anda
  • diamkan selama kurang lebih 25 menit
  • bilas dengan air dingin.


9. Cara memutihkan kulit wajah dengan pisang dan madu
Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk perawatan kulit yaitu pisang dan madu. Pisang mengandung Vitamin B, B6, C, Magnesium, Kalsium, Fosfor dan Besi.

Kandungan vitamin C dalam buah pisang bermanfaat untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu buah pisang juga dapat digunakan untuk menyembuhkan bekas luka.

Caranya :
  • Bersihkan wajah dengan air hangat
  • Sediakan 1 - 2 buah pisang matang
  • Buang cangkangnya,
  • Haluskan buah pisang tersebut dengan blender
  • Campurkan dengan 1 - 2 sendok madu
  • Jadikan masker wajah dengan cara mengoleskannya pada seluruh area wajah.
  • Diamkan selama 15 menit atau hingga mengering
  • Bilas dengan air dingin



10. Cara memutihkan kulit wajah dengan putih telur
Sudah menjadi rahasia umum, dalam dunia kecantikan putih telur dapat digunakan untuk perawatan kulit.

Salah satunya yaitu untuk memutihkan kulit dan membuat kulit tampak kencang. Selain itu, telur termasuk bahan alami yang paling mudah ditemukan.

Caranya :
  • Bersihkan kulit dengan air hangat
  • sediakan 1 butir telur (usahakan ayam kampung ya...)
  • pisahkan putih telur dari kuning telur
  • oleskan putih telur pada area kulit wajah
  • diamkan selama -+ 15-30 menit / hingga mengering
  • bersihkan dengan air dingin.


11. Cara memutihkan kulit wajah dengan yogurt dan madu
Menurut Hema Sundaram, MD. ahli dermatologi mengatakan bahwa "Pengelupasan lapisan atas kulit dapat membersihkan noda dan menyebabkan perubahan warna, bahkan dapat mengurangi kerutan-kerutan halus pada permukaan kulit".

Nah, sedangkan yoghurt dapat membantu memperlancar peremajaan kuli lewat pengelupasan kulit. Caranya :
  • Bersihkan wajah dengan air hangat
  • sediakan yoghurt secukupnya
  • campurkan dengan madu
  • oleskan pada kulit wajah
  • diamkan selama 15 menit
  • bersihkan dengan air dingin.



12. Cara memutihkan kulit wajah dengan air beras
Berat dapat bermanfaat untuk membuat kulit tampak cerah. Karena dalam beras terkandung anti oksidant yang beranama asam ferulic dan allantoin yang bersifat anti imflamasi, dimana beras dapat melindungi kulit dari berbagai kerusakan kulit.

Caranya :
  • Sediakan wadah
  • Kemudian masukan 4 sdm beras ke dalam wadah tersebut
  • Camburkan dengan air dingin
  • kocok wadah yang berisi beras dan air tersebut hingga airnya berwarna putih seperti susu
  • Ambil kapas dan celupkan kedalam air beras tadi
  • Letakan kapas tadi pada seluruh permukaan kulit wajah
  • Diamkan selama 15 - 30 menit
  • Basuh dengan air dingin



13. Cara memutihkan wajah dengan lobak
Lobak dapat dengan mudah ditemukan, khususnya di Indonesia. Selama ini kita hanya mengenal lobak hanya untuk dimakan saja.

Padahal lobak juga bisa kita gunakan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Bagaimana caranya? yaitu dengan menjadikannya sebagai masker alami.

Cara yaitu dengan mencampurkan lobak dengan beberapa bahan alami seperti minyak zaitun dan jeruk lemon.

Caranya :
  • Ambil 1 batang lobak
  • Cuci dan kupas kulitnya
  • Haluskan dengan blender / diparut
  • Campurkan dengan 1-2 sdm minyak zaitun dan air perasan jeruk lemon
  • Oleskan pada bagian kulit wajah hingga merata
  • Diamkan selama 15 - 30 menit /sampai mengering
  • Basuh dengan air dingin hingga bersih.



14. Cara memutihkan wajah dengan bengkoang
Bengkoang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, karena bengkoang banyak mengandung Vitamin C dan vitamin B1 yang berfungsi untuk memutihkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Hal tersebut juga dapat dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan yang menjadikannya sebagai bahan utama.

Caranya :
  • Sediakan bengkoang
  • Kemudian cuci dengan air dan kupas cangkangnya
  • Setelah itu haluskan dengan parut ataupun blender
  • Bersihkan wajah dengan air hangat
  • Setelah itu, gunakan bengkoang yang sudah dihaluskan tadi sebagai masker
  • Biarkan selama 15-30 menit / mengering
  • Kemudian bersihkan lagi dengan air dingin.



15. Scrub Kopi dan Gula
Selain kulit gelap, masalah kulit lainnya yaitu kulit berminyak. Dalam kadar yang normal minyak berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

Namun jika kadarnya berlebih, justru sebaliknya, minyak dapat memicu masalah kulit lainnya seperti timbulnya jerawat.

Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan scrup alami berbahan kopi bubuk dan gula. Kandungan kafein dalam kopi dapat membersihkan lemak pada kulit wajah. Sehingga kita dapat menggunakannya untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak.

Caranya :
  • Ambil kopi bubuk secukupnya
  • campurkan dengan 2 sendok teh gula dan air hangat secukupnya.
  • Diamkan beberapa saat, misal 15 menit
  • Selanjutnya balurkan pada kulit wajah
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.


16. Scrup Jeruk Lemon
Masih soal kulit berminyak, scrup alami berbahan campuran dari air perasan lemon dan garam dapat kita jadikan sebagai solusi alternatif untuk mengatasinya.

Kandungan vitamin E pada lemon berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan menyeimbangkan kandungan mineral dalam kulit.

Caranya :
  • Peraslah 1 - 2 buah lemon matang
  • campurkan dengan sedikit garam
  • aplikasikan pada area kulit wajah dengan gerakan seperti memijat
  • diamkan selama 10 - 15 menit
  • bilas dengan air dingin.



17. Mencerahkan kulit wajah dengan Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera sudah sejak dulu dipercaya dapat membuat kulit wajah menjadi putih dan cerah. Selain itu, juga bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak dan dan kulit kering.

Untuk mengatasi kulit gelap dengan aloe vera, kita bisa mencampurkan aloe vera dengan sari lemon atau air perasan lemon. lalu oleskan pada kulit, tunggu hingga 10 menit dan bilas dengan air dingin hingga benar-benar bersih.

Untuk Mengatasi kulit berminyak dengan lidah buaya, caranya cukup mudah yaitu rebuslah daun lidah buaya dan haluskan dengan blender hingga membentuk pasta.

Kemudian campurkan dengan madu. Setelah itu jadikan sebagai masker dan diamkan selama 10 - 15 menit atau hingga mengering. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih.

Untuk mengatasi kulit kering dengan lidah buaya, kita bisa mencampurkannya dengan olive oil dan sea butter. Lalu oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin hingga benar-benar bersih.

Penting!
Teman-teman, tidak harus menggunakan ke-17 cara diatas sekaligus, tapi pilihlah salah satu. Lalu lakukan tips diatas secara rutin dan teratur hingga kulit kamu benar-benar putih dan cerah.

Itulah beberapa tips alternatif yang bisa kita lakukan untuk memutihkan kulit wajah dengan menggunakan cara-cara tradisional.

Dengan melakukan tips diatas, tidak menjamin kulit kita langsung putih saat itu juga. Karena akan membutuhkan waktu dan proses.

Semoga tulisan mimin kali ini dapat bermanfaat bagi sisapapun yang membaca. Salam cantik :*

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments